Manfaat Tanaman Toga

Kamis, 17 November 2011

Salam sejahtera bagi kita semua,,kembali bersama saya di BlogKu InspirasiKu media publikasi kita semua.  Kali ini saya akan membahas tentang Tanaman Toga. Saya terinspirasi oleh keadaan lingkungan disekitar saya karena masyarakat kurang peduli dengan Tanaman Toga. Padahal tanaman toga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita semua. Dan sekarang saya akan menjelaskan apa itu tanaman toga dan apa manfaatnya, mari kita pelajari bersama.

Tanaman Obat Keluarga ( TOGA) adalah tanaman yang berkhasiat sebagai obat yang dihasilkan oleh hasil budidaya rumahan.Banyak manfaat yang kita petik dari tanaman toga ini, sebagai contoh kecil saja jika kita membudidayakan tanaman obat untuk keluarga dapat memacu usaha kecil dan menengah dibidang obat-obatan herbal walaupun dilakukan secara individu. Jika setiap keluarga bisa membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, maka akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.


Sejarah Tanaman Obat Di Indonesia
Sedikit sejarah tanaman toga di Indonesia. Di Indonesia telah memanfaatkan tanaman sebagai obat-obatan telah berlangsung ribuan tahun yang lalu. Pada pertengahan abad ke XVII, seorang botanikus bernama Jacobus Rontius (1592-1631) telah mengumumkan manfaat tumbuh-tumbuhan dalam bukunya De Indiae Utriusquere Naturali et Medica. Meski hanya 60 jenis tanaman yang diteliti, tetapi buku ini merupakan dasar penelitian tumbuh-tumbuhan obat oleh N.A Van Rheedet Tot Draakestein (1637-1691) dalam bukunya Hortus Indicus Malabaricus. Pada tahun 1888 maka didirikan Chemis Pharmacologisch Laboratorium sebagai bagian dari Kebun Raya Bogor dengan tujuan menyelidiki bahan-bahan atau zat-zat yang terdapat didalam tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat-obatan. Selajutnya penelitian dan publikasi mengenai manfaat tanaman obat semakin berkembang.

Manfaat Tanaman Toga
  1. Buah Naga Merah
  2. Papaya/Pepaya
  3. Mengkudu/Tibah/Noni
  4. Daun Katuk/Kayu Manis
  5. Kamboja
  6. Melati
  7. Jarak Pohon
  8. Pecut Kuda
  9. Adenium
  10. Alang-alang
  11. Tahi Kotok/Gemitir
  12. Sansiviera
  13. Lidah Buaya
  14. Mahkota Dewa
  15. Tapak Dara
  16. Nanas Kerang
  17. Daun Dewa
  18. Kunyit
  19. Sambiloto
  20. Pegagan
  21. Temulawak
  22. Daun Kembang Sepatu
  23. Sosor Bebek
  24. Bayam


sumber download : http://puskesmasdwn1.wordpress.com



Artikel Terkait

5 comments

18 November 2011 06.45  

nice share.
infonya lengkap sekali. :D
saya biasanya juga menanam toga jenis pepaya dan lidah buaya.

18 November 2011 19.36  

@panduan belajar blogMksh sebelumnya, ya kalau ingin menanam sebaiknya tanam tumbuhan yang sering dibutuhkan, syukur2 semua,,hehehee

suharyani yani
20 Februari 2012 12.59  

terimakasih sudah memberikan informasi yang sangat bermanfaat pada saya

21 September 2012 22.07  

terima kasih atas infonya...

21 September 2012 22.07  

terima kasih atas infonya...

Poskan Komentar

.: Terimakasih telah berkunjung di web blog saya, silahkan tinggalkan pesan untuk kemajuan web blog ini dimasa mendatang :.

Berlangganan

Enter your email to subscribe to article And do not forget to follow my blog!

Delivered by BlogKu InspirasiKu