Tabloid PULSA

Pengertian Iman kepada Allah

Rabu, 05 Desember 2012


A.    Pengertian Iman kepada Hari Akhir
Hari akhir atau hari kiamat adalah suatu peristiwa luar biasa yang pasti akan terjadi dimana seluruh makhluk, termasuk manusia yang pernah hidup di muka bumi akan dimatikan, kemudian hidup dan dibangkitkan kembali untuk mendapatkan perhitungan dan pembalasan atas segala amal yang pernah dilakukannya selama hidup di dunia.
Ada dua macam kiamat, yaitu sebagai berikut :
1.      Kiamat Sugra ( kiamat kecil )
Yaitu kehancuran, kematian, atau berakhirnya kehidupan setiap makhluk yang bernyawa. Firman Allah SWT dalam surat Ar-Rahman ayat 26-27 :
Artinya : “Semua yang ada di bumi akan binasa. Dan tetap kekal Zat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.”


2.      Kiamat Kubra ( kiamat besar )
Yaitu peristiwa besar atau hancur binasanya alam semesta beserta isinya ( makhluk ) sebagai awal dimulainya kehidupan akhirat. Kiamat pasti terjadi, tetapi tidak seorang pun mengetahui waktu terjadinya kiamat, termasuk para nabi dan rasul-Nya karena kiamat itu didatangkan secara tiba-tiba dan hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Firman Allah SWT dalam surat Al-A’raf ayat 187 :

Artinya : “Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat,”Bilakah terjadinya?” Katakanlah,”Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada sisi  Tuhanku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat ( bagi makhluk ) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan dating kepadamu, melainkan dengan tiba-tiba.”[1]


[1] Margiono dkk, Agama Islam 3, (Jakarta : Yudhistira, 2006), hlm 34-35 

1.      Mendorong untuk selalu berbuat baik (beramal saleh) karena semua amal perbuatan manusia selama hidup di dunia akan nemdapatkan balasan.
2.      Iman kepada hari akhir akan memiliki nilai positif bagi hidup dan kehidupan manusia di duinia melalui kesadarannya untuk beperilaku sebagai berikut:
a.       Selalu bertindak hati-hati dengan mendasarkan kesadaran yang tinggi dan iman yang baik sesuai dengan ajaran Islam.
b.      Selalu berdisiplin dan mematuhi ajaran agama Allah, karena mengrtahui segala prerbuatan akan selalu dipantau , dicatat, dan diperhitungkan pada pengadilan akhirat kelak.
c.       Memiliki pandangan hidup optimis dan raja atau penuh pengharapan bahhwa kelak Allah pasti akan memberi balalasan yang setimpal atas perbuatan manusia sesuai dengan janji-Nya.
d.      Memiliki dorongan untuk merasakan kenikmatan dan merasakan siksaan. Adanya gambaran surga dan neraka akan membuatnya selalu ingin melaksanakan kebaikan dan tidak melaksanakan dosa dan kemaksiatan.[i]
e.       Menyadarkan manusia dari sifat lupa diri terhadap kesenangan dunia dan berusaha menyelaraskan kebutuhan dunuaiwi dan ukhrawi.
f.       Menghilangkan sifat egois dan berusaha memupuk sifat sosial agamis, yakni mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau berbuat demi kemaslahatan teman.


A.     persiapan dan bekal dalam menghadapi hari akhir
1.      Senantiasa ingat kepada Allah, seperti memlalui salat, berdoa, berzikir.
2.      Senantiasa menggunakan akalnya.
3.      Senentiasa bersemangat menyiarkan ayat-ayat AllaH.
4.      Berbuat kebajikan sebaik-baiknya kepada semua manusia terutama kedua orang tua,kerabat, anak-anak yatim dan hamba sahaya.
5.      Berusaha keras menghilangkan sifat dengki, berselisih, bermusuhan karena semua itu adalah sifat iblis dan setan.






Artikel Terkait

1 comment

Anonim
6 Maret 2013 pukul 17.05  

Despite the fact that planning a event, make sure you take
your partner's tastes into account. We paid a great idea for this site and made up to look like the airlines pass. Kids birthday party themes and ideas are not hard to find, and there are many good suggestions here on the site.

my webpage :: 5th Birthday Party Ideas
My web page :: 1st Birthday Party Ideas

Posting Komentar

.: Terimakasih telah berkunjung di web blog saya, silahkan tinggalkan pesan untuk kemajuan web blog ini dimasa mendatang :.

Berlangganan

Enter your email to subscribe to article And do not forget to follow my blog!

Delivered by BlogKu InspirasiKu

Flickr Images

Tabloid PULSA