Makalah Iman Kepada Hari Akhir

Rabu, 05 Desember 2012


MAKALAH
STUDI ISLAM II
IMAN KEPADA HARI AKHIR
Dosen Pengampu :

KELOMPOK 9 :
1.      PUTRI NUR INDAH SARI              (11003102)
2.      IBNU CAHYADI                               (11003103)
3.      ANJANI AYU WIDYARINI             (11003104)
4.      HERNI ASIH                                     (11003105)
5.      JANANG CAHYO KUMOLO          (11003106)

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
2012




KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Studi Islam II tentang “Iman kepada Hari Akhir”.
Dalam penyusunan makalah ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Lutfi, selaku dosen pembimbing yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini, kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami maupun orang lain.

                                                                                                            Yogyakarta, 5 Desember 2012

                                  Tim Penyusun







BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Beriman kepada hari akhir merupakan ciri mukmin dan muttaqin (orang-orang yang bertaqwa). Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 4 :


Artinya : “Dan mereka yang beriman kepada kitab ( Al-Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu (Muhammad) dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelumnya serta mereka yakin adanya (kehidupan) akhirat.”
Kehidupan seluruh manusia di jagat raya ini kelak akan berakhir. Semua alam raya, bintang-bintang di langit akan meredup, deburan ombak berhenti, gunung-gunung hancur, dan alam luluh lantak. Pada saat itulah, manusia akan dibangkitkan dan harus mempertanggungjawabkan semua perbuatannya di dunia. [1]


B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari iman kepada hari akhir atau hari kiamat?
2.      Apa tanda-tanda datangnya hari kiamat?
3.      Apa peristiwa yang terjadi setelah hari kiamat?
4.      Apa fungsi iman kepada hari akhir?
5.      Bagaimana persiapan dan bekal dalam menghadapi hari akhir?



C.     Tujuan
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah  Studi Islam II dan untuk
2.      Untuk menambah wawasan keagamaan khusunya tentang iman kepada hari akhir.







BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Iman kepada Hari Akhir
   Hari akhir atau hari kiamat adalah suatu peristiwa luar biasa yang pasti akan terjadi dimana seluruh makhluk, termasuk manusia yang pernah hidup di muka bumi akan dimatikan, kemudian hidup dan dibangkitkan kembali untuk mendapatkan perhitungan dan pembalasan atas segala amal yang pernah dilakukannya selama hidup di dunia.
Ada dua macam kiamat, yaitu sebagai berikut :
1.      Kiamat Sugra ( kiamat kecil )
Yaitu kehancuran, kematian, atau berakhirnya kehidupan setiap makhluk yang bernyawa. Firman Allah SWT dalam surat Ar-Rahman ayat 26-27 :


Artinya : “Semua yang ada di bumi akan binasa. Dan tetap kekal Zat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.”
2.      Kiamat Kubra ( kiamat besar )
Yaitu peristiwa besar atau hancur binasanya alam semesta beserta isinya ( makhluk ) sebagai awal dimulainya kehidupan akhirat. Kiamat pasti terjadi, tetapi tidak seorang pun mengetahui waktu terjadinya kiamat, termasuk para nabi dan rasul-Nya karena kiamat itu didatangkan secara tiba-tiba dan hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Firman Allah SWT dalam surat Al-A’raf ayat 187 :


Artinya : “Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat,”Bilakah terjadinya?” Katakanlah,”Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada sisi  Tuhanku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat ( bagi makhluk ) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan dating kepadamu, melainkan dengan tiba-tiba.”[2]

B.     Tanda-tanda Datangnya Hari Kiamat
Kepastian waktu hari kiamat dirahasiakan Allah SWT. Tidak seorangpun termasuk Rasulullah SAW mengetahui kapan datangnya hari kiamat. Allah SWT hanya memberikan tanda-tanda menjelang datangnya  hari pembalasan tersebut.
Tanda-tanda kiamat sugra (kiamat kecil):
1. Ajaran Islam kurang diperhatikan umat Islam.

2. Jumlah Ulama (ahli agama) yang sesungguhnya semakin sedikit. Sebaliknya banyak orang yang mengaku sebagai ulama, namun fatwanya banyak  yang menyesatkan umat.

3.Perzinahan sudah menjadi suatu kebiasaan di masyarakat.
4.Mabuk-mabukan dilakukan secara terang-terangan, seolah-olah bukan perbuatan yang diharamkan.

5.Jumlah wanita semakin lebih banyak dibandingkan dengan pria, dan mereka sudah tidak malu lagi berpakaian dengan setengah telanjang.

6.Banyak wanita yang berdandan atau berpenampilan seperti pria, begitu juga sebaliknya.

7.Umat manusia berlomba menumpuk kekayaan dengan jalan yang tidak dibenarkan agama.

8.Para orangtua menjadi budak dan diperlakukan sewenang-wenang oleh anak-anaknya.

9.Semakin banyak fitnah yang menimpa umat Islam.

10.Semakin sering terjadi bencana alam, pembunuhan dan peperangan.


Tanda-tanda kiamat kubra (kiamat besar):
1.      Waktu berputar begitu cepat, setahun terasa sebulan, sebulan terasa seminggu.
2.      Matahari terbit dari sebelah barat.
3.      Keluarnya Dajjal
4.      Turunnya Imam Mahdi ke dunia untuk meluruskan syariat islam yang menghidupkan sunah-sunah Rasulullah saw.
5.      Hilangnya Al-Quran dari mahsaf san hati umat manusia hingga hilang pedoman.


C.     Apa peristiwa yang terjadi setelah hari kiamat
Ada beberapa hal yang memiliki kaitan dengan peristiwa hari kiamat, anatara lain sebagai berikut:
1.      Yaumul ba’as
Yaumul ba’as adalah hari kebangkitan semua makhluk yang bernyawa setelah mengalami kematian atau kebinasaan dalam peristiwa kiamat. (QS An Nahl:38)
2.      Yaumul mahsyar
Yaumul mahsyar adalah hari dimana semua manusia akan berkumpul pada suatu tempat yang sangat luas untuk diberi keputusan oleh Allah mengenai amalan-amalan yang dikerjakan selama masih hidup di dunia. (lihat QS. Al An’am:22)
3.      Yaumul hisab
Yaumul hisab adalah hari perhitungan atas segala amal manusia selama hidup di dunia (QS Al Mujadalah: 6, Al Insyiqaq:7-8 dan Al Haqqah:25)
4.      Mizan
Mizan adalah timbangan amal. Maksudnya adalah bahwa setelah manusia selesai diperiksa dan dihitung amal perbuatannya, maka amal tersebut akan ditimbang untuk diketahui secara pasti timbsngsn smsl baik (pahala) dan amal buruk (dosa). Penimbangan itu dilakukan seadil-adilnya, tanpa ada penambahan dan pengurangan.
5.      Surga dan neraka
Surga (jannah) adalah tempat yang nikmat atau menyenangkan yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa atau beramal saleh (QS Ali Imran: 133-134).
Neraka merupakan suatu tempat pembalasan paling berat bagi orang yang ingkar, durhaka, dan suka berbuat maksiat kepada Allah dan melanggar aturan-Nya. Mereka akan kekal di dalamnya dengan penuh kesengsaraan dan azab yang dasyat (QS Al Baqarah: 39).

3 Margiono dkk, Agama Islam 3, (Jakarta : Yudhistira, 2006), hlm 37


D.    Fungsi iman kepada hari akhir
1.      Menjadikan sesorang lebih meyakini adanya kehidupan berikutnya (kebangkitan).
2.      Meyakini  bagian-bagian dari peristiwa hari akhir, seperti adanya hisab (perhitungan), mizan (tibangan amal), surga dan neraka sebagai konsekuensi sebagai manusia untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan-perbuatanyya selama hidup di dunia.
3.      Memberi dorongan untuk bersikap disiplin, taat, dan patuh menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya serta takut terhadap azab Allah.
4.      Mendorong untuk selalu berbuat baik (beramal saleh) karena semua amal perbuatan manusia selama hidup di dunia akan nemdapatkan balasan.
5.      Iman kepada hari akhir akan memiliki nilai positif bagi hidup dan kehidupan manusia di duinia melalui kesadarannya untuk beperilaku sebagai berikut:
a.       Selalu bertindak hati-hati dengan mendasarkan kesadaran yang tinggi dan iman yang baik sesuai dengan ajaran Islam.
b.      Selalu berdisiplin dan mematuhi ajaran agama Allah, karena mengrtahui segala prerbuatan akan selalu dipantau , dicatat, dan diperhitungkan pada pengadilan akhirat kelak.
c.       Memiliki pandangan hidup optimis dan raja atau penuh pengharapan bahhwa kelak Allah pasti akan memberi balalasan yang setimpal atas perbuatan manusia sesuai dengan janji-Nya.
d.      Memiliki dorongan untuk merasakan kenikmatan dan merasakan siksaan. Adanya gambaran surga dan neraka akan membuatnya selalu ingin melaksanakan kebaikan dan tidak melaksanakan dosa dan kemaksiatan.[i]
e.       Menyadarkan manusia dari sifat lupa diri terhadap kesenangan dunia dan berusaha menyelaraskan kebutuhan dunuaiwi dan ukhrawi.
f.       Menghilangkan sifat egois dan berusaha memupuk sifat sosial agamis, yakni mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau berbuat demi kemaslahatan teman.
4Margiono dkk, Agama Islam 3, (Jakarta : Yudhistira, 2006), hlm 35


E.     Bagaimana persiapan dan bekal dalam menghadapi hari akhir
1.      Senantiasa ingat kepada Allah, seperti memlalui salat, berdoa, berzikir.
2.      Senantiasa menggunakan akalnya.
3.      Senentiasa bersemangat menyiarkan ayat-ayat AllaH.
4.      Berbuat kebajikan sebaik-baiknya kepada semua manusia terutama kedua orang tua,kerabat, anak-anak yatim dan hamba sahaya.
5.      Berusaha keras menghilangkan sifat dengki, berselisih, bermusuhan karena semua itu adalah sifat iblis dan setan.
5Margiono dkk, Agama Islam 3, (Jakarta : Yudhistira, 2006), hlm 39






[1] Margiono dkk, Agama Islam 3, (Jakarta : Yudhistira, 2006), hlm 34
[2] Margiono dkk, Agama Islam 3, (Jakarta : Yudhistira, 2006), hlm 34-35




Artikel Terkait

2 comments

Anonim
4 Februari 2013 22.56  

An impressive share! I've just forwarded this onto a co-worker who has been conducting a little homework on this. And he in fact ordered me breakfast due to the fact that I found it for him... lol. So allow me to reword this.... Thank YOU for the meal!! But yeah, thanks for spending time to talk about this matter here on your internet site.
Also visit my webpage : diets That work for Women

Anonim
26 April 2013 22.07  

Excellent weblog right here! Additionally your
site loads up fast! What web host are you the use of? Can I
get your associate link to your host? I want my website loaded up as
fast as yours lol

Here is my homepage: Green coffee bean extract for weight loss

Poskan Komentar

.: Terimakasih telah berkunjung di web blog saya, silahkan tinggalkan pesan untuk kemajuan web blog ini dimasa mendatang :.

Berlangganan

Enter your email to subscribe to article And do not forget to follow my blog!

Delivered by BlogKu InspirasiKu